EVALUASI
PENDIDIKAN
Dosen Pengampu:
Drs. Suwardi, M.Pd
OLEH:
NDUHRI QURNIA
AVELYDYANINNGRUM
1504101
PROGRAM STUDI D
IV BIDAN PENDIDIK
SEKOLAH TINGGI
ILMU KESEHATAN KARYA HUSADA SEMARANG
TAHUN 2016
1. Mata
kuliah yang saya minati adalah Kesehatan Reproduksi
2. GBPP :
Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi
KODE MATAKULIAH : Bd. 307
BEBAN STUDI : 3 SKS (Teori 1, Praktek 2)
PENEMPATAN : Semester II
A.
Deskripsi
Mata Kuliah
Mata
kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memahamiKesehatan
Reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksikesehatan wanita
sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembanganwanita dalam aspek
biologis, psikologis dan sosial spiritual, kesehatan reproduksidalam
persepektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.
B.
Tujuan
1. Mahasiswi
dapat menjelaskan Konsep Kesehatan Reproduksi
2. Mahasiswi
dapat mengeksplorasi komponen pelayanan kesehatan reproduksi
3. Mahasiswi
dapat menjelaskan kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan
4. Mahasiswi
mampu mengetahui pemantauan tumbang wanita
5. Mahasiswi
mampu menjelaskan dimensi sosial perempuan dan permasalahannya
6. Mahasiswi
mampu menjelaskan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
7. Mahasiswi
mampu menjelaskan upaya promotif dan preventif menurut leave dan clark
8. Mahasiswi
mampu menjelaskan indikator Kesehatan wanita
C.
Proses
Pembelajaran
1. Teori
: Dilaksanakan dikelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, seminar dan
penugasan.
2. Praktek
: Dilaksanakan di kelas, laboratorium (baik dikampus maupun dilahan
praktek)dengan menggunakan metode simulasi, demonstrasi, role play dan bed
sideteaching.
D.
Evaluasi
1. Teori
: 1
a. UTS
: 20 %
b. UAS
: 40 %
2. Praktik
: 2
a. Studi
Kasus: 20 %
b. Praktikum
: 20 %
E.
Buku
Sumber
1. Buku
Utama1.Varney’s Midwifery Thierd edition, 1997.2.Valery Edge, Mindi Miller,
1994. Women’s Health Care,
2. Mosby
USA3.Betty R. Sweet, 1997, Mayes a Textbook for Midwives.4.V. Ruth Bennett
Linda K. Brown, 1999, Myles Textbook for Midwives.
F.
Buku
Anjuran
1. Ida
Bagus Gede Manuaba, 1999, Memahami Kesehatan ReproduksiWanita, Area EGC,
Jakarta.
2. Depkes
RI, 1998, Modul Safe Motherhood, Jakarta.
3. Suryadi
C dkk, 2002, Kesehatan Reproduksi, Buku I dan II, FKM UI.
4. Depkes
RI, 2002, Pelatihan Bimbingan dan Penyuluhan KesehatanReproduksi Remaja.
5. Azrukl
Azwar, Peran Gender.
6. Jasir
Faizal, 2000, Pemberdayaan Wanita dalam Bidang Kesehatan,Yogyakarta.
7. Sarwono,
1997, Penyakit Kandungan, Jakarta.
8. Dirjen
Kesmas, Binkesga, 2002, Program Kesehatan Reproduksi danPelayanan Integratif di
Tingkat Pelayanan Dasar, Depkes RI, Jakarta.
9. Dirjen
Kesmas, Binkesga, 2000, Pengaruh Utama Jender dalam BidanKesehatan, Depkes RI,
Jakarta.
10. BKKBN,
2001, Penanggulangan HIV / Aids Melalui PeningkatanKetahanan Keluarga, Jakarta.
11. BKKBN,
2001, Kesehatan Reproduksi Remaja12.BKKBN, 2001, Tanya Jawab Kesehatan Repoduksi
Remaja. Jakarta2
12. BKKBN,
2001, Kumpulan Pedoman Pelaksanaan Program KPR danPerlindungan Hak – Hak
Reproduksi
G. Rincian
Kegiatan
Pertemuan
|
Tujuan
Pembelajaran Khusus
|
Sub
Pokok Bahasan
|
Waktu
|
Dosen
|
1
|
Mahasiswi dapat menjelaskan Konsep
Kesehatan Reproduksi
|
a. Definisi
kesehatan reproduksi
b. Ruang
lingkup kesehatan reproduksi
c. Hak-hak
reproduksi
|
Senin, 4 April 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
|
Nduhri Qan, STR. Keb, CH. CHt
|
2
|
Mahasiswi dapat mengeksplorasi
komponen pelayanan kesehatan reproduksi
|
a. Kesehatan
ibu dan BBL
b. KB
c. Kespro
remaja
d. Pencegahan
dan penanggulangan PMS
e. Kespro
pada lansia
|
Kamis, 7 April 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
|
Nduhri Qan, STR. Keb, CH. CHt
|
3
|
Mahasiswi dapat menjelaskan
kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan
|
a. Siklus
kesehatan wanita
b. Perubahan
yang terjasdi pada setiap tahap
c. Faktor-faktor
yang mempengaruhi kesehatan wanita secara umum
d. Faktor-faktor
yang mempengaruhi siklus kesehatan wanita
e. Konsepsi
sampai usia lanjut
|
Senin, 18 April 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
|
Nduhri Qan, STR. Keb, CH. CHt
|
4
|
Mahasiswi mampu mengetahui
pemantauan tumbang wanita
|
a. Pengertian
tumbang
b. Kajian
tumabng pada wanita
c. Indikator
pemantauan
d. Masalah
kespro serta pananggulangannya
e. Skrining
untuk keganasan dan penyakit sistematik
|
Kamis, 21 April 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
|
Nduhri Qan, STR. Keb, CH. CHt
|
5
|
Mahasiswi mampu menjelaskan
dimensi sosial perempuan dan permasalahannya
|
a. Status
sosial
b. Nilai
perempuan
c. Permasalahan
kesehatan perempuandalam dimesni sosial dan upaya mengatasinya
d. Incest
e. Pekerja
seks komersial
f. Penyalahgunaan
obat
|
Senin, 2 Mei 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
|
Bertalena Insan K, Amd. Keb
|
6
|
Mahasiswi mampu menjelaskan
kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
|
a. Pengertian
b. Kondisi
sosial budaya yang mempengaruhi gneder
c. Diskriminasi
gender
d. Isu
gender
e. Gender
Main stream
|
Kamis, 5 Mei 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
|
Bertalena Insan K, Amd. Keb
|
7
|
Mahasiswi mampu menjelaskan upaya
promotif dan preventif menurut leave dan clark
|
a. Pengertian
b. Tingkat
usaha promotif dan prefentif
|
Senin, 16 Mei 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
|
Bertalena Insan K, Amd. Keb
|
8
|
Mahasiswi mampu menjelaskan
indikator Kesehatan wanita
|
a. Determinan
kematian ibu
|
Kamis, 19 Mei 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
|
Bertalena Insan K, Amd. Keb
|
3. Materi
(pokok bahasan)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
Menjelaskan
Konsep Kesehatan Reproduksi
|
a. Menjelaskan
Definisi kesehatan reproduksi
b. Menjelaskan
ruang lingkup kespro
c. Menjelaskan
hak-hak reproduksi
|
Mengeksplorasi
komponen pelayanan kesehatan reproduksi
|
a. Mengeksporasi
esehatan ibu dan BBL
b. Mengeksplorasi
KB
c. Mengeksplorasi
Kespro remaja
d. Menksplorasi
Pencegahan dan penanggulangan PMS
e. Mengeksplorasi
Kespro pada lansia
|
Menjelaskan
kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan
|
a. Menjelaskan
Siklus kesehatan wanita
b. Menjelaskan
perubahan yang terjasdi pada setiap tahap
c. Menjelaskan
Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan wanita secara umum
d. Menjelaskan
Faktor-faktor yang mempengaruhi siklus kesehatan wanita
e. Menjelaskan
Konsepsi sampai usia lanjut
|
Mengetahui
pemantauan tumbang wanita
|
a. Mengetahui
Pengertian tumbang
b. Mengetahui
Kajian tumabng pada wanita
c. Mengetahui
Indikator pemantauan
d. Mengetahui
Masalah kespro serta pananggulangannya
e. Mengetahui
Skrining untuk keganasan dan penyakit sistematik
|
Menjelaskan
dimensi sosial perempuan dan permasalahannya
|
a. Menjelaskan
Status sosial
b. Menjelaskan
Nilai perempuan
c. Menjelaskan
Permasalahan kesehatan perempuandalam dimesni sosial dan upaya mengatasinya
d. Menjelaskan
Incest
e. Menjelaskan
Pekerja seks komersial
f. Menjelaskan
Penyalahgunaan obat
|
Menjelaskan
kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
|
a. Menjelaskan
Pengertian
b. Menjelaskan
Kondisi sosial budaya yang mempengaruhi gneder
c. Menjelaskan
Diskriminasi gender
d. Menjelaskan
Isu gender
e. Menjelaskan
Gender Main stream
|
4. Soal
dan jawaban
a. Pilihan
Ganda
1.
Apa definisi dari
kesehatan reproduksi . . .
a.
Keadaan
sejahtera fisik, mental dan sosial secara utuh (semua hal yang berkaitan dengan
sistem reproduksi, serta fungsi, dan prosesnya)
b. Keadaan
sejahtera fisik dan mental secara utuh (semua hal yang berkaitan dengan sistem
reproduksi, serta fungsi, dan prosesnya)
c. Keadaan
sejahtera fisik, mental, dan sosial secara utuh (Semua hal yang berkaitan
dengan sistem reproduksi dan prosesnya)
d. Keadaan
sejahtera fisik dan mental secara utuh (semua hal yang berkaitan dengan sistem
reproduksi)
e. Keadaan
sosial secara utuh (semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi dan
prosesnya)
2.
Remaja adalah masa
peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa dimana pada masa itu terjadi
pertumbuhan yang pesat termasuk fungsi reproduksi sehingga memengaruhi
terjadinya perubahan dan perkembangan baik fisik, mental, maupun peran sosial.
Menurut siapakah uraian diatas . . .
a. Pieget
b.
World
Healt Organitation
c. Surjadi
dkk
d. BKKBN
e. Gayuh
3.
Pada remaja wanita
terdapat perubahan fisik yang merupakan tanda tumbuh kembang di fase remaja
diantaranya: pinggul lebar, bulat, membesar, tumbuh bulu-bulu disekitar ketiak
dan vagina, pertumbuhan payudara, kulit menjadi lebih kasar, agak pucat, dan
kelenjar keringat lebih banyak. Hal tersebut merupakan tanda seks apakah . . .
a. Primer
b.
Sekunder
c. Tersier
d. Khusus
4.

Merupakan peyakit menular seksual apakah
gambar diatas . . .
a. Herpes
b. Sipilis
c.
Gonore
d. Kondiloma
akuminata
e. Ulkus
mole
5.
Virus HIV akan masuk
dalam sel darah putih dan merusaknya, sehingga sel tersebut yang dapat
berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh akan mengalami penurunan pada
jumlahnya. Akibatnya sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan penderita mudah
terkena berbagai penyakit. Kondisi ini disebut dengan . . .
a. Hepatitis
b. Kanker
c.
AIDS
d. Leukimia
e. TBC
KUNCI
JAWABAN:
1. A
2. B
3. B
4. C
5. C
6. Tn.
G DAN Ny. N memiliki dua orang putri, budaya yang terjadi dimasyarakat setelah
menyelesaikan bangku Sekolah Dasar mereka menyerahkan anaknya kepada lelaki
yang meminta untuk menikahi. Namun upaya tersebut di tolak oleh anak kedua
mereka anak kedua ini mempunyai prinsip terhadap dirinya bahwa dia ingin
melanjutkan sekolah sampai perguruan tinggi dengan keterbatasan ekonomi tidak
mungkin Tn. G dan Ny N mengabulkan keinginan itu. Terjadilah perdebatan hebat
sehingga si anak tersebut kabur dari rumah hal ini merupakah upaya memberontak
bahwa dia tidak ingin menikah di usia muda. Apakah tujuan dari menikah?
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
2
3
4
5
|
Menjawab 4 tujuan menikah
a. Mengesahkan
hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan baik secara agama taupun
hukum
b. Mengatur
hak dan kewajiban didalamnya
c. Pengakuan
hak hukum dari anak-anak yang dihasilkannya nanti dari pernikahan tersebut
d. Pendataan
dan kepentingan demografi
Mmenjawab 3 tujuan menikah
Menjawab 2 tujuan menikah
Menjawab 1 tujuan menikah
Tidak menjawab
|
4
3
2
1
0
|
|
SKOR MAKSIMAL
|
3
|
7. Ny.
R umur 48 tahun P2A0, datang ketempat bidan dengan keluhan sering pusing, merasa
panas, nyeri persendian, sering berkeringat, keluar keringat pada malam hari,
mengalami dispaureunia saat bersenggama dan sudah tidak haid selama 2 bulan.
Hal ini merupakan tanda gejala terjadinya menaupose, sebutkan insikadi yang
menyebabkan terjadinya menaupose ! (minimal 3)
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1
2
3
4
5
|
Menarche
Paritas
Usia
melahirkan
Pemakaian
alkon
Life
style
|
1
1
1
1
1
|
|
SKOR
MAKSIMAL
|
5
|
8. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan 4 TERLALU 3 TERLAMBAT !
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
2
3
4
5
6
|
Lengkap menjawab 4 terlalu dan 3
terlambat (Terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering, terlalu banyak dan
terlambat ambil keputusan juga terlambat diagnosa, terlambat merujuk,
terlambat menolong)
Lengkap menjawab 4 terlalu dan
kurang lengkap menjawab 3 terlambat
Kurang lengkap menjawab 4 terlalu
dan lengkap menjawab 3 terlambat
Tidak lengkap menjawab 4 terlalu
dan 3 terlambat
Hanya menjawab 4 terlalu
Hanya menjawab 3 terlalu
|
5
4
4
3
3
3
|
|
SKOR MAKSIMAL
|
5
|
·
SEKIAN
dan TERIMAKASIH *
Tidak ada komentar:
Posting Komentar