Senin, 04 April 2016

evaluasi pendidikan


                                                         


EVALUASI PENDIDIKAN
Dosen Pengampu: Drs. Suwardi, M.Pd


OLEH:
NDUHRI QURNIA AVELYDYANINNGRUM
1504101



PROGRAM STUDI D IV BIDAN PENDIDIK
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KARYA HUSADA SEMARANG
TAHUN 2016
1.      Mata kuliah yang saya minati adalah Kesehatan Reproduksi

2.      GBPP                                                 : Mata Kuliah Kesehatan Reproduksi
KODE MATAKULIAH      : Bd. 307
BEBAN STUDI                    : 3 SKS (Teori 1, Praktek 2)
PENEMPATAN                   : Semester II                                                           

A.    Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memahamiKesehatan Reproduksi dengan pokok bahasan teori dan konsep reproduksikesehatan wanita sepanjang daur kehidupannya meliputi sejarah, perkembanganwanita dalam aspek biologis, psikologis dan sosial spiritual, kesehatan reproduksidalam persepektif gender, permasalahannya serta indikator status kesehatan wanita.

B.     Tujuan
1.      Mahasiswi dapat menjelaskan Konsep Kesehatan Reproduksi
2.      Mahasiswi dapat mengeksplorasi komponen pelayanan kesehatan reproduksi
3.      Mahasiswi dapat menjelaskan kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan
4.      Mahasiswi mampu mengetahui pemantauan tumbang wanita
5.      Mahasiswi mampu menjelaskan dimensi sosial perempuan dan permasalahannya
6.      Mahasiswi mampu menjelaskan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
7.      Mahasiswi mampu menjelaskan upaya promotif dan preventif menurut leave dan clark
8.      Mahasiswi mampu menjelaskan indikator Kesehatan wanita


C.    Proses Pembelajaran
1.      Teori : Dilaksanakan dikelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, seminar dan penugasan.
2.      Praktek : Dilaksanakan di kelas, laboratorium (baik dikampus maupun dilahan praktek)dengan menggunakan metode simulasi, demonstrasi, role play dan bed sideteaching.

D.    Evaluasi
1.      Teori : 1
a.       UTS : 20 %
b.      UAS : 40 %
2.      Praktik : 2
a.       Studi Kasus: 20 %
b.      Praktikum : 20 %

E.     Buku Sumber
1.      Buku Utama1.Varney’s Midwifery Thierd edition, 1997.2.Valery Edge, Mindi Miller, 1994. Women’s Health Care,
2.      Mosby USA3.Betty R. Sweet, 1997, Mayes a Textbook for Midwives.4.V. Ruth Bennett Linda K. Brown, 1999, Myles Textbook for Midwives.

F.     Buku Anjuran
1.      Ida Bagus Gede Manuaba, 1999, Memahami Kesehatan ReproduksiWanita, Area EGC, Jakarta.
2.      Depkes RI, 1998, Modul Safe Motherhood, Jakarta.
3.      Suryadi C dkk, 2002, Kesehatan Reproduksi, Buku I dan II, FKM UI.
4.      Depkes RI, 2002, Pelatihan Bimbingan dan Penyuluhan KesehatanReproduksi Remaja.
5.      Azrukl Azwar, Peran Gender.
6.      Jasir Faizal, 2000, Pemberdayaan Wanita dalam Bidang Kesehatan,Yogyakarta.
7.      Sarwono, 1997, Penyakit Kandungan, Jakarta.
8.      Dirjen Kesmas, Binkesga, 2002, Program Kesehatan Reproduksi danPelayanan Integratif di Tingkat Pelayanan Dasar, Depkes RI, Jakarta.
9.      Dirjen Kesmas, Binkesga, 2000, Pengaruh Utama Jender dalam BidanKesehatan, Depkes RI, Jakarta.
10.  BKKBN, 2001, Penanggulangan HIV / Aids Melalui PeningkatanKetahanan Keluarga, Jakarta.
11.  BKKBN, 2001, Kesehatan Reproduksi Remaja12.BKKBN, 2001, Tanya Jawab Kesehatan Repoduksi Remaja. Jakarta2
12.  BKKBN, 2001, Kumpulan Pedoman Pelaksanaan Program KPR danPerlindungan Hak – Hak Reproduksi

G.    Rincian Kegiatan
Pertemuan
Tujuan Pembelajaran Khusus

Sub Pokok Bahasan
Waktu
Dosen
1
Mahasiswi dapat menjelaskan Konsep Kesehatan Reproduksi
a.       Definisi kesehatan reproduksi
b.      Ruang lingkup kesehatan reproduksi
c.       Hak-hak reproduksi

Senin, 4 April 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
Nduhri Qan, STR. Keb, CH. CHt
2
Mahasiswi dapat mengeksplorasi komponen pelayanan kesehatan reproduksi
a.       Kesehatan ibu dan BBL
b.      KB
c.       Kespro remaja
d.      Pencegahan dan penanggulangan PMS
e.       Kespro pada lansia

Kamis, 7 April 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
Nduhri Qan, STR. Keb, CH. CHt
3
Mahasiswi dapat menjelaskan kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan
a.       Siklus kesehatan wanita
b.      Perubahan yang terjasdi pada setiap tahap
c.       Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan wanita secara umum
d.      Faktor-faktor yang mempengaruhi siklus kesehatan wanita
e.       Konsepsi sampai usia lanjut

Senin, 18 April 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
Nduhri Qan, STR. Keb, CH. CHt
4
Mahasiswi mampu mengetahui pemantauan tumbang wanita
a.       Pengertian tumbang
b.      Kajian tumabng pada wanita
c.       Indikator pemantauan
d.      Masalah kespro serta pananggulangannya
e.       Skrining untuk keganasan dan penyakit sistematik

Kamis, 21 April 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
Nduhri Qan, STR. Keb, CH. CHt
5
Mahasiswi mampu menjelaskan dimensi sosial perempuan dan permasalahannya
a.       Status sosial
b.      Nilai perempuan
c.       Permasalahan kesehatan perempuandalam dimesni sosial dan upaya mengatasinya
d.      Incest
e.       Pekerja seks komersial
f.       Penyalahgunaan obat

Senin, 2 Mei  2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
Bertalena Insan K, Amd. Keb
6
Mahasiswi mampu menjelaskan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
a.       Pengertian
b.      Kondisi sosial budaya yang mempengaruhi gneder
c.       Diskriminasi gender
d.      Isu gender
e.       Gender Main stream

Kamis, 5 Mei 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt
Bertalena Insan K, Amd. Keb
7
Mahasiswi mampu menjelaskan upaya promotif dan preventif menurut leave dan clark
a.       Pengertian
b.      Tingkat usaha promotif dan prefentif
Senin, 16 Mei 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt

Bertalena Insan K, Amd. Keb
8
Mahasiswi mampu menjelaskan indikator Kesehatan wanita
a.       Determinan kematian ibu
Kamis, 19 Mei 2016
T: 3 X 50 mnt
PS: 3 X 100 mnt
TM: 3 X 150 mnt

Bertalena Insan K, Amd. Keb

3.      Materi (pokok bahasan)

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
Menjelaskan Konsep Kesehatan Reproduksi
a.       Menjelaskan Definisi kesehatan reproduksi
b.      Menjelaskan ruang lingkup kespro
c.       Menjelaskan hak-hak reproduksi

Mengeksplorasi komponen pelayanan kesehatan reproduksi
a.       Mengeksporasi esehatan ibu dan BBL
b.      Mengeksplorasi KB
c.       Mengeksplorasi Kespro remaja
d.      Menksplorasi Pencegahan dan penanggulangan PMS
e.       Mengeksplorasi Kespro pada lansia

Menjelaskan kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan
a.       Menjelaskan Siklus kesehatan wanita
b.      Menjelaskan perubahan yang terjasdi pada setiap tahap
c.       Menjelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan wanita secara umum
d.      Menjelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi siklus kesehatan wanita
e.       Menjelaskan Konsepsi sampai usia lanjut
Mengetahui pemantauan tumbang wanita
a.       Mengetahui Pengertian tumbang
b.      Mengetahui Kajian tumabng pada wanita
c.       Mengetahui Indikator pemantauan
d.      Mengetahui Masalah kespro serta pananggulangannya
e.       Mengetahui Skrining untuk keganasan dan penyakit sistematik

Menjelaskan dimensi sosial perempuan dan permasalahannya
a.       Menjelaskan Status sosial
b.      Menjelaskan Nilai perempuan
c.       Menjelaskan Permasalahan kesehatan perempuandalam dimesni sosial dan upaya mengatasinya
d.      Menjelaskan Incest
e.       Menjelaskan Pekerja seks komersial
f.       Menjelaskan Penyalahgunaan obat
Menjelaskan kesehatan reproduksi dalam perspektif gender
a.       Menjelaskan Pengertian
b.      Menjelaskan Kondisi sosial budaya yang mempengaruhi gneder
c.       Menjelaskan Diskriminasi gender
d.      Menjelaskan Isu gender
e.       Menjelaskan Gender Main stream


4.      Soal dan jawaban
a.       Pilihan Ganda
1.         Apa definisi dari kesehatan reproduksi . . .
a.   Keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial secara utuh (semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi, serta fungsi, dan prosesnya)
b.   Keadaan sejahtera fisik dan mental secara utuh (semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi, serta fungsi, dan prosesnya)
c.    Keadaan sejahtera fisik, mental, dan sosial secara utuh (Semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi dan prosesnya)
d.   Keadaan sejahtera fisik dan mental secara utuh (semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi)
e.    Keadaan sosial secara utuh (semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi dan prosesnya)

2.         Remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa dimana pada masa itu terjadi pertumbuhan yang pesat termasuk fungsi reproduksi sehingga memengaruhi terjadinya perubahan dan perkembangan baik fisik, mental, maupun peran sosial. Menurut siapakah uraian diatas . . .
a.    Pieget
b.   World Healt Organitation
c.    Surjadi dkk
d.   BKKBN
e.    Gayuh

3.         Pada remaja wanita terdapat perubahan fisik yang merupakan tanda tumbuh kembang di fase remaja diantaranya: pinggul lebar, bulat, membesar, tumbuh bulu-bulu disekitar ketiak dan vagina, pertumbuhan payudara, kulit menjadi lebih kasar, agak pucat, dan kelenjar keringat lebih banyak. Hal tersebut merupakan tanda seks apakah . . .
a.    Primer
b.   Sekunder
c.    Tersier
d.   Khusus

4.         Description: Hasil gambar untuk gonore 
      Merupakan peyakit menular seksual apakah gambar diatas . . .
a.    Herpes
b.   Sipilis
c.    Gonore
d.   Kondiloma akuminata
e.    Ulkus mole

5.         Virus HIV akan masuk dalam sel darah putih dan merusaknya, sehingga sel tersebut yang dapat berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh akan mengalami penurunan pada jumlahnya. Akibatnya sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan penderita mudah terkena berbagai penyakit. Kondisi ini disebut dengan . . .
a.    Hepatitis
b.   Kanker
c.    AIDS
d.   Leukimia
e.    TBC
KUNCI JAWABAN:
1.      A
2.      B
3.      B
4.      C
5.      C

6.      Tn. G DAN Ny. N memiliki dua orang putri, budaya yang terjadi dimasyarakat setelah menyelesaikan bangku Sekolah Dasar mereka menyerahkan anaknya kepada lelaki yang meminta untuk menikahi. Namun upaya tersebut di tolak oleh anak kedua mereka anak kedua ini mempunyai prinsip terhadap dirinya bahwa dia ingin melanjutkan sekolah sampai perguruan tinggi dengan keterbatasan ekonomi tidak mungkin Tn. G dan Ny N mengabulkan keinginan itu. Terjadilah perdebatan hebat sehingga si anak tersebut kabur dari rumah hal ini merupakah upaya memberontak bahwa dia tidak ingin menikah di usia muda. Apakah tujuan dari menikah?
NO
KUNCI JAWABAN

SKOR
1







2
3
4
5

Menjawab 4 tujuan menikah
a.       Mengesahkan hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan baik secara agama taupun hukum
b.      Mengatur hak dan kewajiban didalamnya
c.       Pengakuan hak hukum dari anak-anak yang dihasilkannya nanti dari pernikahan tersebut
d.      Pendataan dan kepentingan demografi
Mmenjawab 3 tujuan menikah
Menjawab 2 tujuan menikah
Menjawab 1 tujuan menikah
Tidak menjawab
4







3
2
1
0

SKOR MAKSIMAL
3

7.      Ny. R umur 48 tahun P2A0, datang ketempat bidan dengan keluhan sering pusing, merasa panas, nyeri persendian, sering berkeringat, keluar keringat pada malam hari, mengalami dispaureunia saat bersenggama dan sudah tidak haid selama 2 bulan. Hal ini merupakan tanda gejala terjadinya menaupose, sebutkan insikadi yang menyebabkan terjadinya menaupose ! (minimal 3)
NO
KUNCI JAWABAN

SKOR
1
2
3
4
5

Menarche
Paritas
Usia melahirkan
Pemakaian alkon
Life style
1
1
1
1
1

SKOR MAKSIMAL
5

8.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan 4 TERLALU 3 TERLAMBAT !
NO
KUNCI JAWABAN

SKOR
1.



2

3

4
5
6

Lengkap menjawab 4 terlalu dan 3 terlambat (Terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering, terlalu banyak dan terlambat ambil keputusan juga terlambat diagnosa, terlambat merujuk, terlambat menolong)
Lengkap menjawab 4 terlalu dan kurang lengkap menjawab 3 terlambat
Kurang lengkap menjawab 4 terlalu dan lengkap menjawab 3 terlambat
Tidak lengkap menjawab 4 terlalu dan 3 terlambat
Hanya menjawab 4 terlalu
Hanya menjawab 3 terlalu

5



4

4

3
3
3


SKOR MAKSIMAL
5



    


·         SEKIAN dan TERIMAKASIH  * 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar